Buah Tangan Boboko (Bakul) Yang Hampir Punah


Buah Tangan Boboko (Bakul) Yang Hampir Punah
Oleh: Tim Media

Boboko memiliki ukuran yang bervariasi, ada yang berdiameter 50 cm, 100 cm, bahkan ada yang berukuran besar sekitar 3 meter.

Cara pembuatannya tergolong rumit, perlu keahlian khusus: Pertama kita harus menyiapkan sebatang pohon bambu yang sudah tua, kemudian dibersihkan sampai halus. Kemudian bambu dipotong beberapa bagian untuk selanjutnya dibuat kecil-kecil dan tipis. Setelah itu, dibuat bentuk boboko, jika sudah terbentuk, langkah selanjutnya adalah penganyaman, kemudian pengikatan dengan rotan. 

Boboko ini ada yang dipakai untuk keperluan sehari-hari, ada juga untuk keperluan pesanan atau dijual di pasar tradisional bahkan dijajakan secara keliling Kampung.

Sebenarnya di beberapa Wilayah Kecamatan Kabupaten Cianjur sebut saja Kecamatan Pagelaran, Pasirkuda, Cibinong, Mande dan Campakamulya yang membuat produk kerajinan Boboko atau tempat nasi tersebut masih ada dan bertahan ditengah modern nya peralatan penyimpanan pangan.

Proses pembuatan boboko tersebut hampir sama dengan cara pembuatan produk kerajinan bambu lainnya, dengan memilih bambu yang berkualitas serta cara pengerjaan yang teliti dan sangat rapi para pengrajin berpengalaman membuat produk tersebut agar bisa di terima pasar dan Konsumen.

Pengerjaan produk tersebut membutuhkan ketekunan, ketelitian, keuletan, keterampilan dan keahlian khusus sehingga tidak setiap orang bisa membuat produk tersebut. para pembuatnya umumnya mereka yang berusia tua dan sangat jarang orang orang yang masih muda. Sebenarnya produk ini adalah sebuah produk yang ramah lingkungan dan apabila di kembangkan lagi akan bermanfaat bagi kita semua terutama untuk lingkungan.

Kerajinan Anyaman yang kian tergerus zaman ini sepatutnya harus dipertahankan bahkan dikembangkan karena merupakan warisan budaya tak benda. Generasi muda seperti para Pengurus Pemuda Muslim di beberapa Wilayah Kecamatan Kabupaten Cianjur secara khusus mulai memperhatikan kelestarian dan pemasaran Boboko ini.

Reporter: Sy
Foto: Property, Info Cianjur, metrotrans.id
Kategori: Ekonomi
Bidang Media dan Penggalangan Opini
PB Pemuda Muslimin Indonesia

Posting Komentar

Copyright © PB Pemuda Muslimin Indonesia . Template Designed by OddThemes